Beranda | Index Al-Quran
Manusia antara memilih dan dipaksa
 QS. Al-An’am 6:104 
قَدْ جَآءَكُم بَصَآئِرُ مِن رَّبِّكُمْ فَمَنْ أَبْصَرَ فَلِنَفْسِهِۦ وَمَنْ عَمِىَ فَعَلَيْهَا وَمَآ أَنَا۠ عَلَيْكُم بِحَفِيظٍ   ﴿١٠٤﴾  
Sesungguhnya telah datang dari Tuhanmu bukti-bukti yang terang; maka barangsiapa melihat (kebenaran itu), maka (manfaatnya) bagi dirinya sendiri; dan barangsiapa buta (tidak melihat kebenaran itu), maka kemudharatannya kembali kepadanya. Dan aku (Muhammad) sekali-kali bukanlah pemelihara(mu).


 QS. Al-An’am 6:117 
إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ مَن يَضِلُّ عَن سَبِيلِهِۦ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ   ﴿١١٧﴾  
Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui tentang orang yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia lebih mengetahui tentang orang orang yang mendapat petunjuk.


 QS. Al-An’am 6:148 
سَيَقُولُ ٱلَّذِينَ أَشْرَكُوا۟ لَوْ شَآءَ ٱللَّهُ مَآ أَشْرَكْنَا وَلَآ ءَابَآؤُنَا وَلَا حَرَّمْنَا مِن شَىْءٍ كَذَٰلِكَ كَذَّبَ ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ حَتَّىٰ ذَاقُوا۟ بَأْسَنَا قُلْ هَلْ عِندَكُم مِّنْ عِلْمٍ فَتُخْرِجُوهُ لَنَآ إِن تَتَّبِعُونَ إِلَّا ٱلظَّنَّ وَإِنْ أَنتُمْ إِلَّا تَخْرُصُونَ   ﴿١٤٨﴾  
Orang-orang yang mempersekutukan Tuhan, akan mengatakan: "Jika Allah menghendaki, niscaya kami dan bapak-bapak kami tidak mempersekutukan-Nya dan tidak (pula) kami mengharamkan barang sesuatu apapun". Demikian pulalah orang-orang sebelum mereka telah mendustakan (para rasul) sampai mereka merasakan siksaan Kami. Katakanlah: "Adakah kamu mempunyai sesuatu pengetahuan sehingga dapat kamu mengemukakannya kepada Kami?" Kamu tidak mengikuti kecuali persangkaan belaka, dan kamu tidak lain hanyalah berdusta.


 QS. Al-Kahfi 18:29 
وَقُلِ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ فَمَن شَآءَ فَلْيُؤْمِن وَمَن شَآءَ فَلْيَكْفُرْ إِنَّآ أَعْتَدْنَا لِلظَّٰلِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا وَإِن يَسْتَغِيثُوا۟ يُغَاثُوا۟ بِمَآءٍ كَٱلْمُهْلِ يَشْوِى ٱلْوُجُوهَ بِئْسَ ٱلشَّرَابُ وَسَآءَتْ مُرْتَفَقًا   ﴿٢٩﴾  
Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir". Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.


 QS. Al-Muddatstsir 74:37 
لِمَن شَآءَ مِنكُمْ أَن يَتَقَدَّمَ أَوْ يَتَأَخَّرَ   ﴿٣٧﴾  
(Yaitu) bagi siapa di antaramu yang berkehendak akan maju atau mundur.


 QS. Al-Muddatstsir 74:55 
فَمَن شَآءَ ذَكَرَهُۥ   ﴿٥٥﴾  
Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia mengambil pelajaran daripadanya (Al Quran).


 QS. Al-Insan 76:3 
إِنَّا هَدَيْنَٰهُ ٱلسَّبِيلَ إِمَّا شَاكِرًا وَإِمَّا كَفُورًا   ﴿٣﴾  
Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir.


 QS. Al-Insan 76:29 
إِنَّ هَٰذِهِۦ تَذْكِرَةٌ فَمَن شَآءَ ٱتَّخَذَ إِلَىٰ رَبِّهِۦ سَبِيلًا   ﴿٢٩﴾  
Sesungguhnya (ayat-ayat) ini adalah suatu peringatan, maka barangsiapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya.


 QS. At-Takwir 81:28 
لِمَن شَآءَ مِنكُمْ أَن يَسْتَقِيمَ   ﴿٢٨﴾  
(yaitu) bagi siapa di antara kamu yang mau menempuh jalan yang lurus.


 QS. Al-Balad 90:10 
وَهَدَيْنَٰهُ ٱلنَّجْدَيْنِ   ﴿١٠﴾  
Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan,


 QS. Asy-Syams 91:8 
فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَىٰهَا   ﴿٨﴾  
Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.


 QS. Asy-Syams 91:9 
قَدْ أَفْلَحَ مَن زَكَّىٰهَا   ﴿٩﴾  
Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu,


 QS. Asy-Syams 91:10 
وَقَدْ خَابَ مَن دَسَّىٰهَا   ﴿١٠﴾  
Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.